Surat Ar Rahman Ayat 33 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat Ar Rahman ayat 33 terjemah

Surat Ar Rahman ayat 33 adalah ayat yang memotivasi untuk menuntut ilmu. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungannya.

Surat Ar Rahman Ayat 33 dan Artinya

يَا مَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ إِنِ اسْتَطَعْتُمْ أَنْ تَنْفُذُوا مِنْ أَقْطَارِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ فَانْفُذُوا لَا تَنْفُذُونَ إِلَّا بِسُلْطَانٍ

Read More

(Yaa mas’syaral jinni wal insi inis tatho’tum an tanfudzuu min aqthooris samaawaati wal ardhi fanfudzuu. Laa tanfudzuu illaa bisulthoon)

Hai jama’ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. (QS. Ar Rahman: 33)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Ar Rahman ayat 33.

wahaiيَا
golonganمَعْشَرَ
jinالْجِنِّ
danوَ
manusiaالْإِنْسِ
jikaإِنِ
kalian mampuاسْتَطَعْتُمْ
bahwaأَنْ
kalian menembus, melintasiتَنْفُذُوا
dariمِنْ
penjuruأَقْطَارِ
langitالسَّمَاوَاتِ
danوَ
bumiالْأَرْضِ
maka tembuslah, lintasilahفَانْفُذُوا
tidakلَا
kalian dapat menembusتَنْفُذُونَ
kecualiإِلَّا
dengan kekuasaan, ilmuبِسُلْطَانٍ

Baca juga: Surat Al Mujadalah Ayat 11 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33

Berikut ini isi kandungan surat Ar Rahman Ayat 33 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33.

1. Surat Ar Rahman ayat 33 mengingatkan jin dan manusia akan nikmat-Nya. Di antaranya, Allah mempersilakan jika mereka sanggup menembus atau melintasi langit.

2. Di dunia ini, jin dan manusia tidak bisa lari dari takdir Allah dan tidak bisa lari dari kekuasaan-Nya. Ke manapun jin dan manusia pergi, kekuasaan Allah selalu meliputinya.

3. Di akhirat nanti, jin dan manusia tidak bisa lari dari pertanggungjawaban atas amal-amal di dunia. Jika mereka bisa lari, Allah mempersilakan untuk melintasi langit dan bumi, namun mereka tak bisa melarikan diri.

4. Manusia bisa menjelajah ruang angkasa dengan sulthan (kekuatan ilmu pengetahuan dan tenologi), namun kekuatan manusia itu terbatas.

5. Ayat ini memotivasi manusia untuk mengembangkan ilmu dan teknologi agar bisa menjelajah ruang angkasa dan seterusnya.

6. Kekuatan itu milik Allah. Manusia tidak memiliki kekuatan kecuali dari Allah dan dengan izin-Nya.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Ar Rahman Ayat 33. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Ar Rahman Ayat 33. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]