Surat Al Humazah Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
surat al humazah terjemah

Surat Al Humazah (الهمزة) merupakan surat ke-104 dalam Al Quran, terdiri dari 9 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Humazah.

Surat Al Humazah dan Artinya

وَيْلٌ لِكُلِّ هُمَزَةٍ لُمَزَةٍ . الَّذِي جَمَعَ مَالًا وَعَدَّدَهُ . يَحْسَبُ أَنَّ مَالَهُ أَخْلَدَهُ . كَلَّا لَيُنْبَذَنَّ فِي الْحُطَمَةِ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْحُطَمَةُ . نَارُ اللَّهِ الْمُوقَدَةُ . الَّتِي تَطَّلِعُ عَلَى الْأَفْئِدَةِ . إِنَّهَا عَلَيْهِمْ مُؤْصَدَةٌ . فِي عَمَدٍ مُمَدَّدَةٍ

Read More

(Wailul likulli humazatil lumazah. Alladzii jama’a maalaaw wa’addadah. Yahsabu anna maalahuu akhladah. Kallaa layumbadzanna fil huthomah. Wamaa adrooka mal huthomah. Naarulloohil muuqodah. Allatii taththoli’u ‘alal af’idah. Innahaa ‘alaihim mu’shodah. Fii ‘amadim mumaddadah)

Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati. Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka, (sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang. (QS. Al Humazah: 1-9)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Humazah mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 9.

Surat Al Humazah Ayat 1

celakalahوَيْلٌ
bagi setiapلِكُلِّ
pengumpatهُمَزَةٍ
pencelaلُمَزَةٍ

Surat Al Humazah Ayat 3

yangالَّذِي
dia mengumpulkanجَمَعَ
hartaمَالًا
danوَ
dia menghitungnyaعَدَّدَهُ

Surat Al Humazah Ayat 3

dia mengiraيَحْسَبُ
bahwasanyaأَنَّ
hartanyaمَالَهُ
mengekalkannyaأَخْلَدَهُ

Surat Al Humazah Ayat 4

sekali-kali tidakكَلَّا
sungguh dia akan dilemparkanلَيُنْبَذَنَّ
dalamفِي
al huthamahالْحُطَمَةِ

Surat Al Humazah Ayat 5

danوَ
apakahمَا
kamu tahuأَدْرَاكَ
apaمَا
al huthamahالْحُطَمَةُ

Surat Al Humazah Ayat 6

apiنَارُ
Allahاللَّهِ
dinyalakanالْمُوقَدَةُ

Surat Al Humazah Ayat 7

yangالَّتِي
naik, sampaiتَطَّلِعُ
atasعَلَى
hatiالْأَفْئِدَةِ

Surat Al Humazah Ayat 8

sesungguhnya iaإِنَّهَا
atas merekaعَلَيْهِمْ
terikat, ditutup rapatمُؤْصَدَةٌ

Surat Al Humazah Ayat 9

dalamفِي
tiang-tiangعَمَدٍ
panjangمُمَدَّدَةٍ

Baca juga: Surat Al Fil Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Humazah

Berikut ini isi kandungan surat Al Humazah yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Humazah.

1. Surat Al Humazah memastikan para pengumpat dan pencela pasti akan celaka.

2. Pengumpat dan pencela yang nantinya celaka adalah orang-orang yang mengumpulkan harta dan suka menghitung-hitungnya karena cinta dunia. Bahkan karena cintanya pada harta, ia merasa lebih baik dari orang lain sehingga suka mencaci dan mencela.

3. Orang yang telah tertipu dengan harta dan begitu mencintai dunia, merasa bahwa ia akan kekal selamanya dengan hartanya itu. Ia merasa selamanya akan berkuasa dengan hartanya. Ia pun tidak menyiapkan bekal menghadapi kematian.

4. Anggapan bahwa harta bisa mengekalkan adalah anggapan salah, sama sekali tidak benar.

5. Allah menyiapkan siksa pedih untuk para pengumpat dan pencela yang begitu mencintai dunia dan merasa dengan hartanya akan kekal selamanya.

6. Siksa bagi mereka berupa neraka jahannam yang apinya sangat menghancurkan. Membakar seluruh badan hingga hatinya yang menjadi tempat kemusyrikan dan segala kedurhakaan.

7. Dengan surat ini, Allah mengingatkan hamba-Nya agar tidak terjangkiti penyakit moral yang hina dina seperti suka mengumpat dan mencela, suka mencaci dan memaki.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Humazah. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Humazah. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]