Surat Al Fil Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat al fil terjemah

Surat Al Fil (الفيل) merupakan surat ke-105 dalam Al Quran, terdiri dari 5 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Fil.

Surat Al Fil dan Artinya

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ . أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ . وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ . تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ . فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

Read More

(Alam taro kaifa fa’ala robbuka bi-ashhaabil fiil. Alam yaj’al kaidahum fii tadlliil. Wa arsala ‘alaihin thoiron abaabiil. Tarmiihim bihijaarotim min sijjiil. Faja’alahum ka’ashfim ma’kuul)

Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (QS. Al Fil: 1-5)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Fil mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 5.

Surat Al Fil Ayat 1

apakah tidakأَلَمْ
kamu lihatتَرَ
bagaimanaكَيْفَ
Dia berbuat, bertindakفَعَلَ
Tuhanmuرَبُّكَ
terhadap golonganبِأَصْحَابِ
gajahالْفِيلِ

Surat Al Fil Ayat 2

apakah tidakأَلَمْ
Dia menjadikanيَجْعَلْ
tipu daya merekaكَيْدَهُمْ
dalamفِي
kesesatan, sia-siaتَضْلِيلٍ

Surat Al Fil Ayat 3

danوَ
Dia mengirimkanأَرْسَلَ
atas/kepada merekaعَلَيْهِمْ
burungطَيْرًا
berbondong-bondongأَبَابِيلَ

Surat Al Fil Ayat 4

yang melempari merekaتَرْمِيهِمْ
dengan batuبِحِجَارَةٍ
dariمِنْ
tanah keras, terbakarسِجِّيلٍ

Surat Al Fil Ayat 5

maka Dia menjadikan merekaفَجَعَلَهُمْ
seperti daunكَعَصْفٍ
dimakanمَأْكُولٍ

Baca juga: Surat Quraisy Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Fil

Berikut ini isi kandungan surat Al Fil yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Fil.

1. Surat Al Fil mengisahkan kehancuran Abrahah dan pasukan bergajah yang hendak menyerbu Makkah.

2. Surat ini mengajak Rasulullah dan umatnya, termasuk orang-orang Quraisy, untuk memperhatikan tanda kekuasaan Allah khususnya dari sejarah.

3. Surat Al Fil juga mengingatkan nikmat Allah kepada orang-orang Quraisy. Allah telah menyelamatkan mereka dari pasukan Abrahah tersebab perlindungan-Nya kepada Ka’bah yang ada di tengah-tengah suku Quraisy.

4. Allah Maha Kuasa, segala kekuasaan tunduk pada kekuasaan-Nya. Maka siapa yang Allah lindungi, tidak ada yang mampu mencelakainya. Sebaliknya, siapa Allah hancurkan, tidak ada yang mampu memberikan perlindungan.

5. Sangat mudah bagi Allah untuk menolong siapa yang Dia kehendaki. Dan sangat mudah bagi Allah menghancurkan siapa yang ingin Dia hancurkan. Juga sangat mudah bagi Allah menghadirkan cara dan jalan kehancuran musuh-musuh-Nya.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Fil. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Fil. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]