Surat Al Kautsar Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat Al Kautsar terjemah

Surat Al Kautsar (الكوثر) merupakan surat ke-108 dalam Al Quran, terdiri dari 3 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Kautsar.

Surat Al Kautsar dan Artinya

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ . فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ . إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ

Read More

(Innaa a’thoinaa kal kautsar. Fasholli lirobbika wanhar. Inna syaani,aka huwal abtar)

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus. (QS. Al Kautsar: 1-3)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Kautsar mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 3.

Surat Al Kautsar Ayat 1

sesungguhnya Kamiإِنَّا
Kami telah memberimuأَعْطَيْنَاكَ
nikmat yang banyakالْكَوْثَرَ

Surat Al Kautsar Ayat 2

maka dirikanlah shalatفَصَلِّ
karena Tuhamuلِرَبِّكَ
dan berkurbanlahوَانْحَرْ

Surat Al Kautsar Ayat 3

sesungguhnyaإِنَّ
orang yang membencimuشَانِئَكَ
diaهُوَ
Terputusالْأَبْتَرُ

Baca juga: Surat Al Kafirun Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Kautsar

Berikut ini isi kandungan surat Al Kautsar yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Kautsar.

1. Surat Al Kautsar menunjukkan bahwa Allah memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga al kautsar di surga kelak.

2. Surat ini memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak itu dengan shalat dan qurban. Yakni shalat yang ikhlas karena Allah dan qurban yang dipersembahkan hanya kepada-Nya.

3. Surat ini juga memberitakan bahwa orang-orang yang membenci Rasulullah adalah orang yang abtar, yakni terputus dari kebajikan dan rahmat Allah. Juga terputus dari sejarah, bahkan di antaranya benar-benar terputus keturunannya.

4. Surat ini merupakan mukjizat bukti kebenaran Al Quran. Sebab di kemudian hari terbukti keturunan Rasulullah sangat banyak, hingga saat ini. Yakni keturunan beliau dari Fatimah dan Ali.

5. Mukjizat lain bukti kebenaran Al Quran dalam surat Al Kautsar, orang-orang yang membenci Rasulullah akhirnya benar-benar abtar. Ash bin Wail yang mengatakan Rasulullah abtar, akhirnya dia sendiri yang abtar karena semua anaknya mati. Demikian pula tokoh kafir Quraisy lain, seperti Walid bin Mughirah. Meskipun punya banyak anak namun misinya terputus, tidak ada anak yang meneruskan permusuhannya kepada Rasulullah.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Kautsar. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Kautsar. [Muchlisin BK/Tarbiyah]