Surat An Najm Ayat 39-42 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat An Najm ayat 39-42 terjemah

Surat An Najm ayat 39-42 merupakan ayat tentang balasan amal dan pentingnya ikhtiar. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan ayat tersebut.

Surat An Najm Ayat 39-42 dan Artinya

وَأَنْ لَيْسَ لِلْإِنْسَانِ إِلَّا مَا سَعَى . وَأَنَّ سَعْيَهُ سَوْفَ يُرَى . ثُمَّ يُجْزَاهُ الْجَزَاءَ الْأَوْفَى . وَأَنَّ إِلَى رَبِّكَ الْمُنْتَهَى

Read More

dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya, dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan bahwasanya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu), (QS. An Najm: 39-42)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat An Najm ayat 39-42:

danوَ
Bahwaأَنْ
Tidakلَيْسَ
bagi manusiaلِلْإِنْسَانِ
kecualiإِلَّا
apa yangمَا
ia usahakanسَعَى
danوَ
bahwasanyaأَنَّ
Usahanyaسَعْيَهُ
kelakسَوْفَ
diperlihatkanيُرَى
kemudianثُمَّ
diberi balasan kepadanyaيُجْزَاهُ
balasanالْجَزَاءَ
cukup, sempurnaالْأَوْفَى
danوَ
bahwasanyaأَنَّ
kepadaإِلَى
tuhanmuرَبِّكَ
akhir tujuan, kesudahanالْمُنْتَهَى

Baca juga: Surat An Nahl Ayat 125 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat An Najm Ayat 39-42

Berikut ini isi kandungan surat An Najm Ayat 39-42 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat An Najm Ayat 39-42.

1. Manusia hanya akan mendapatkan pahala dari apa yang ia amalkan, bukan apa yang diamalkan orang lain tanpa keterlibatan atau usahanya.

2. Surat An Najm ayat 39 juga menunjukkan pentingnya ikhtiar. Sebab apa yang ia dapatkan berbanding lurus dengan apa yang ia usahakan.

3. Setiap amal yang ia lakukan akan diperlihatkan di akhirat nanti, baik amal baik maupun amal buruk. Tidak hanya dirinya, bahkan orang lain juga akan melihatnya.

4. Seseorang akan mendapatkan balasan yang sempurna atas apa yang ia usahakan/amalkan. Tidak akan dizalimi atau dirugikan sekecil apa pun.

5. Akhir kesudahan nanti adalah kembali kepada Allah.

6. Kembali kepada Allah –yakni masuk surga atau neraka- akan sesuai dengan apa yang ia amalkan semasa di dunia.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat An Najm Ayat 39-42. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat An Najm Ayat 39-42. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]