Surat Al Maidah Ayat 32 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
surat al maidah ayat 32 terjemah per kata

Surat Al Maidah ayat 32 merupakan ayat yang mengajarkan menjaga kehidupan dan menghindari kekerasan. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan ayat tersebut.

Surat Al Maidah Ayat 32 dan Artinya

مِنْ أَجْلِ ذَٰلِكَ كَتَبْنَا عَلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا ۚ وَلَقَدْ جَاءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنَاتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرًا مِنْهُمْ بَعْدَ ذَٰلِكَ فِي الْأَرْضِ لَمُسْرِفُونَ

Read More

Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak di antara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi. (QS. Al Maidah: 32)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Maidah ayat 32:

dariمِنْ
sebabأَجْلِ
itu, demikianذَٰلِكَ
Kami tetapkanكَتَبْنَا
atasعَلَىٰ
Bani Israilبَنِي إِسْرَائِيلَ
bahwa diaأَنَّهُ
siapaمَنْ
ia membunuhقَتَلَ
jiwa, seorangنَفْسًا
tanpaبِغَيْرِ
jiwa, seseorangنَفْسٍ
atauأَوْ
membuat kerusakanفَسَادٍ
diفِي
bumiالْأَرْضِ
maka seakan-akanفَكَأَنَّمَا
ia membunuhقَتَلَ
manusiaالنَّاسَ
seluruhnyaجَمِيعًا
danوَ
siapaمَنْ
menghidupkannyaأَحْيَاهَا
maka seakan-akanفَكَأَنَّمَا
ia menghidupkanأَحْيَا
manusiaالنَّاسَ
seluruhnyaجَمِيعًا
danوَ
sungguhلَقَدْ
telah datang kepada merekaجَاءَتْهُمْ
rasul-rasul Kamiرُسُلُنَا
dengan keterangan-keteranganبِالْبَيِّنَاتِ
kemudianثُمَّ
sesungguhnyaإِنَّ
banyakكَثِيرًا
dari merekaمِنْهُمْ
setelahبَعْدَ
itu, demikianذَٰلِكَ
diفِي
bumiالْأَرْضِ
benar-benar orang-orang yang melampaui batasلَمُسْرِفُونَ

Baca juga: Surat Al Baqarah Ayat 153 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 32

Berikut ini isi kandungan surat Al Maidah Ayat 32 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 32.

1. Membunuh merupakan dosa besar. Membunuh satu orang tanpa alasan yang dibenarkan, seakan-akan membunuh manusia seluruhnya.

2. Memelihara nyawa manusia berpahala besar. Memelihara satu nyawa seakan-akan memelihara kehidupan manusia seluruhnya.

3. Surat Al Maidah ayat 32 ini menunjukkan bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk menjaga kehidupan dan menjauhi tindak kekerasan.

4. Allah telah mengutus para Rasul dengan membawa keterangan yang jelas, termasuk mengajarkan untuk menjaga kehidupan dan memperingatkan agar menjauhi tindak kejahatan.

5. Banyak di antara Bani Israil yang melampaui batas, meskipun mereka telah mengetahui keterangan yang jelas dari Rasul yang mendakwahi mereka.

6. Ayat ini juga berisi hinaan dan kecaman atas Bani Israel yang suka melampaui batas, melakukan pelanggaran dan sering membunuh tanpa sebab yang dibenarkan.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Baqarah Ayat 153. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Maidah Ayat 32. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]