Surat Al Hujurat Ayat 13 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
surat al hujurat ayat 13 terjemah

Surat Al Hujurat ayat 13 merupakan ayat kesetaraan dan toleransi. Bahwa manusia Allah ciptakan beragam suku dan bangsa, namun semuanya sama di hadapan-Nya. Yang membedakan hanyalah taqwa. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungannya.

Surat Al Hujurat Ayat 13 dan Artinya

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Read More

(Yaa ayyuhan naasu innaa kholaqnaakum min dzakariw wa unstaa waja’alnaakum syu’uubaw waqobaa,ila lita’aarofuu, inna akromakum ‘indalloohi atqookum, innallooha ‘aliimun khobiir)

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Al Hujurat: 13)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Hujurat ayat 13:

wahaiيَا أَيُّهَا
manusiaالنَّاسُ
sesungguhnya Kamiإِنَّا
Kami menciptakan kalianخَلَقْنَاكُمْ
dariمِنْ
seorang laki-lakiذَكَرٍ
dan seorang perempuanوَأُنْثَىٰ
dan Kami jadikan kalianوَجَعَلْنَاكُمْ
berbangsa-bangsaشُعُوبًا
dan bersuku-sukuوَقَبَائِلَ
supaya kalian saling mengenalلِتَعَارَفُوا
sesungguhnyaإِنَّ
orang paling mulia di antara kalianأَكْرَمَكُمْ
di sisiعِنْدَ
Allahاللَّهِ
orang paling bertaqwa di antara kalianأَتْقَاكُمْ
sesungguhnyaإِنَّ
Allahاللَّهَ
Maha Mengetahuiعَلِيمٌ
Maha Melihatخَبِيرٌ

Baca juga: Surat Ali Imran Ayat 159 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13

Berikut ini isi kandungan surat Al Hujurat Ayat 13 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13.

1. Surat Al Hujurat ayat 13 memberitahukan bahwa manusia berasal dari satu keturunan yakni Nabi Adam dan Hawa. Sehingga pada hakikatnya mereka bersaudara.

2. Keragaman adalah sunnatullah karena Allah menjadikan manusia berkembang demikian banyak sehingga menjadi berbangsa-bangsa dan bersuku-suku.

3. Keragaman itu bukanlah untuk saling memusuhi melainkan untuk saling mengenal, saling bekerja sama dan saling memberikan manfaat.

4. Seluruh manusia sama kedudukannya di hadapan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Yang membedakan adalah ketaqwaannya. Manusia yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertaqwa.

5. Allah Maha Mengetahui seluruh perbuatan manusia termasuk bagaimana tingkat ketaqwaan mereka dan bagaimana sikap mereka terhadap sesamanya terkait keragaman.

6. Surat Al Hujurat ayat 13 ini mengajarkan kesetaraan, toleransi dan kerjasama serta menghapus diskriminasi.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Hujurat Ayat 13. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Hujurat Ayat 13. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]