Surat Al Hujurat Ayat 12 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
surat al hujurat ayat 12 terjemah per kata

Surat Al Hujurat ayat 12 adalah ayat yang mengajarkan untuk berbaik sangka dan etika persaudaraan. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Hujurat Ayat 12.

Surat Al Hujurat Ayat 12 dan Artinya

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Read More

(Yaa ayyuhal ladziina aamanuj tanibuu katsiirom minadh dhonni inna ba’dlodh dhonni itsm. Walaa tajassasuu walaa yaghtab badlukum ba’dloo. Ayuhibbu ahadukum ay ya’kula lahma akhiihi maitan fakarihtumuuhu wattaqullooha innallooha tawwaabur rohiim)

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (QS. Al Hujurat: 12)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Hujurat ayat 12. Agar lebih mudah dibaca, tiap penggalan ayat akan diletakkan pada tabel terjemah per kata tersendiri.

wahaiيَا أَيُّهَا
orang-orang yangالَّذِينَ
berimanآمَنُوا
jauhilahاجْتَنِبُوا
kebanyakanكَثِيرًا
dariمِنَ
prasangkaالظَّنِّ
sesungguhnyaإِنَّ
sebagianبَعْضَ
prasangkaالظَّنِّ
dosaإِثْمٌ
danوَ
janganلَا
kalian memata-matai, mencari kesalahanتَجَسَّسُوا
danوَ
janganلَا
kalian mengumpatيَغْتَبْ
sebagian kalianبَعْضُكُمْ
sebagianبَعْضًا
apakah menyukaiأَيُحِبُّ
salah seorang di antara kalianأَحَدُكُمْ
bahwaأَنْ
memakanيَأْكُلَ
dagingلَحْمَ
saudaranyaأَخِيهِ
bangkai, matiمَيْتًا
maka kalian benci/jijik padanyaفَكَرِهْتُمُوهُ
dan bertaqwalahوَاتَّقُوا
(pada) Allahاللَّهَ
sesungguhnyaإِنَّ
Allahاللَّهَ
Maha Penerima taubatتَوَّابٌ
Maha Penyayangرَحِيمٌ

Baca juga: Surat Al Falaq Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 12

Berikut ini isi kandungan surat Al Falaq yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 12.

1. Surat Al Hujurat ayat 12 memerintahkan orang-orang yang beriman untuk menjauhi buruk sangka. Sebaliknya, memerintahkan berbaik sangka kepada sesama mukmin.

2. Surat Al Hujurat ayat 12 melarang memata-matai, mengintai dan mencari-cari keburukan orang lain.

3. Ayat ini juga melarang ghibah. Bahkan menjelaskan ghibah ibarat memakan bangkai saudaranya sendiri yang pasti setiap orang jijik padanya.

4. Buruk sangka, memata-matai dan mencari-cari keburukan orang lain serta ghibah adalah haram serta menjadi perusak persatuan. Padahal orang-orang beriman itu bersaudara dan harus menjaga persatuan sebagaimana dijelaskan dalam Surat Al Hujurat ayat 10.

5. Ayat ini memerintahkan orang-orang beriman untuk bertaqwa. Jika orang beriman masih melakukan perbuatan buruk tersebut, hendaklah bertaubat dan bertaqwa. Dengan taqwa, terjagalah diri dari sifat-sifat buruk tersebut dan dengan taqwa Allah akan menerima taubatnya.

6. Allah selalu membuka pintu taubat dan pintu kasih sayang bagi hamba-hamba-Nya yang bertaubat dan bertaqwa.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Hujurat Ayat 12. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Hujurat Ayat 12. [Muchlisin BK/Tarbiyah]