Surat Al Falaq Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat Al Falaq terjemah per kata

Surat Al Falaq merupakan surat ke-113 dalam Al Quran, terdiri dari 5 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Falaq.

Surat Al Falaq dan Artinya

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Read More

(Qul a’uudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad)

Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Falaq mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 5.

Surat Al Falaq Ayat 1

katakanlahقُلْ
aku berlindungأَعُوذُ
kepadaبِ
Tuhan, pemeliharaرَبِّ
yang menguasi subuhالْفَلَقِ

Surat Al Falaq Ayat 2

dariمِنْ
kejahatanشَرِّ
apa yangمَا
Dia ciptakanخَلَقَ

Surat Al Falaq Ayat 3

danوَ
dariمِنْ
kejahatanشَرِّ
malam yang gelapغَاسِقٍ
apabilaإِذَا
telah gelap, kelamوَقَبَ

Surat Al Falaq Ayat 4

danوَ
dariمِنْ
kejahatanشَرِّ
orang yang meniup-niupالنَّفَّاثَاتِ
padaفِي
ikatan, simpulالْعُقَدِ

Surat Al Falaq Ayat 5

danوَ
dariمِنْ
kejahatanشَرِّ
orang yang dengkiحَاسِدٍ
apabilaإِذَا
ia dengkiحَسَدَ

Baca juga: Surat An Nas Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Falaq

Berikut ini isi kandungan surat Al Falaq yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Falaq.

1. Surat Al Falaq mengandung isti’aadzah (permintaan perlindungan) kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dari segala kejahatan makhluk. Baik jin maupun manusia, bahkan termasuk dirinya sendiri.

2. Dalam memohon perlindungan, di surat Al Falaq ini Allah disebut dengan sifatNya Rabbul falaq. Yakni tuhannya pagi/subuh dan tuhan seluruh makhluk. Sebagaimana Allah bisa membelah kegelapan malam dengan terangnya pagi, Allah juga kuasa menyingkirkan kejahatan dan kesulitan dengan memunculkan pertolongan.

3. Surat Al Falaq juga mengandung isti’aadzah kepada Allah dari kejahatan (syarr) di waktu malam, kejahatan sihir, dan kejahatan orang-orang yang hasad. Meskipun ketiga kejahatan ini termasuk dalam kejahatan makhluk Allah (syarr maa khalaq), ketiganya memerlukan perhatian khusus sehingga disebutkan lebih rinci.

4. Dalam Surat Al Falaq ini terdapat dalil bahwa sihir itu ada dan karenaNya manusia harus berlindung kepada Allah, bukan kepada selainNya.

5. Surat Al Falaq menjelaskan hasad itu membawa keburukan dan mengakibatkan kejahatan. Karenanya kita perlu menghindarinya serta memohon perlindungan Allah darinya.

6. Dua surat Al Falaq dan An Nas yang disebut al mu’awwidzatain ini hendaknya dibaca dan diamalkan untuk mendapat perlindungan Allah dari segala kejahatan. Dalam keseharian, Rasulullah membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas sebelum tidur, meniupkan ke kedua telapak tangan lalu mengusapkan ke kepala, wajah dan seluruh tubuh.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Falaq. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Falaq. [Muchlisin BK/Tarbiyah]