Surat Al Hujurat Ayat 10 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat Al Hujurat ayat 10 terjemah per kata

Surat Al Hujurat ayat 10 adalah ayat yang tentang persaudaraan berlandaskan iman. Ukhuwah imaniyah. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungannya.

Surat Al Hujurat Ayat 10 dan Artinya

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Read More

(Innamal mu’minuuna ikhwatun fa-ashlihuu baina akhowaikum wattaqullooha la’allakum turhamuun)

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. (QS. Al Hujurat: 10)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Hujurat ayat 10.

sesungguhnya hanyalahإِنَّمَا
orang-orang yang berimanالْمُؤْمِنُونَ
bersaudaraإِخْوَةٌ
maka damaikanlahفَأَصْلِحُوا
antaraبَيْنَ
kedua saudara kalianأَخَوَيْكُمْ
dan bertaqwalahوَاتَّقُوا
(pada) Allahاللَّهَ
supaya kalianلَعَلَّكُمْ
kalian dirahmatiتُرْحَمُونَ

Baca juga: Surat Al Hujurat Ayat 12 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 10

Berikut ini isi kandungan surat Al Hujurat Ayat 10 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Hujurat Ayat 10.

1. Surat Al Hujurat ayat 10 menegaskan bahwa orang-orang yang beriman itu bersaudara.

2. Persaudaraan dalam iman (ukhuwah imaniyah) bagaikan saudara sekandung bahkan ikatannya lebih kuat lagi. Ayat ini menggunakan istilah ikhwah bukan ikhwan, untuk menunjukkan kuatnya ikatan persaudaran itu.

3. Ketika ada orang-orang mukmin berselisih dan bertikai, kewajiban bagi mukmin lainnya untuk mendamaikan mereka. Terutama pemimpin kaum muslimin, mereka yang paling wajib mendamaikan.

4. Pertikaian bisa terjadi bahkan di antara dua orang yang beriman. Meskipun yang bertikai dua orang, wajib bagi mukmin untuk mendamaikan mereka, apalagi jika yang bertikai banyak orang.

5. Orang-orang mukmin harus menjadikan taqwa sebagai landasan dalam seluruh amal dan aktifitasnya. Termasuk dalam mendamaikan dua orang yang bertikai. Dengan taqwa ia bisa adil dan tidak diskriminatif. Dengan taqwa juga akan memperoleh rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

6. Surat Al Hujurat ayat 10 ini mengisyaratkan persatuan dan kesatuan akan melahirkan rahmat bagi kaum mukminin. Sebaliknya, pertikaian dan perpecahan akan menjauhkan dari rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Hujurat Ayat 10. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Hujurat Ayat 10. [Muchlisin BK/Tarbiyah]