Home Al-Qur'an Surat Al Baqarah Ayat 216 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

Surat Al Baqarah Ayat 216 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

surat al baqarah ayat 216 terjemah per kata

Surat Al Baqarah ayat 216 adalah ayat tentang kewajiban perang dan hikmah di balik ketetapan Allah. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan ayat tersebut.

Surat Al Baqarah Ayat 216 dan Artinya

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (QS. Al Baqarah: 216)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Baqarah ayat 216:

ditetapkan, diwajibkanكُتِبَ
atas kalianعَلَيْكُمُ
Berperangالْقِتَالُ
dan ia (beperang)وَهُوَ
kebencianكُرْهٌ
bagi kalianلَكُمْ
dan boleh jadiوَعَسَى
bahwaأَنْ
kalian membenciتَكْرَهُوا
sesuatuشَيْئًا
dan/padahal iaوَهُوَ
baikخَيْرٌ
bagi kalianلَكُمْ
dan boleh jadiوَعَسَى
bahwaأَنْ
kalian menyukaiتُحِبُّوا
sesuatuشَيْئًا
dan/padahal iaوَهُوَ
burukشَرٌّ
bagi kalianلَكُمْ
dan Allahوَاللَّهُ
Dia mengetahuiيَعْلَمُ
dan/sedang kalianوَأَنْتُمْ
tidakلَا
kalian mengetahuiتَعْلَمُونَ

Baca juga: Surat Al Baqarah Ayat 286 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 216

Berikut ini isi kandungan surat Al Baqarah Ayat 216 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 216.

  1. Allah mewajibkan jihad perang kepada kaum muslimin. Terutama mereka yang negerinya dijajah, wajib untuk berjihad. Dan wajib bagi kaum muslimin di dekatnya membantu berjihad jika negeri Islam itu membutuhkan bantuannya.
  2. Pada dasarnya, manusia tidak menyukai perang. Allah tidak memungkiri fitrah ini, tetapi karena urgensinya melindungi agama dan kemanusiaan, Allah mewajibkan jihad tersebut.
  3. Boleh jadi manusia membenci sesuatu padahal sesuatu itu amat baik baginya. Misalnya jihad perang membela agama dan mengusir penjajah.
  4. Boleh jadi manusia mencintai sesuatu padahal sesuatu itu amat buruk baginya. Misalnya duduk diam dan menyerah pada keadaan meskipun musuh menyerang.
  5. Allah Maha Mengetahui sedangkan pengetahuan manusia sangat terbatas.
  6. Surat Al Baqarah ayat 216 ini mengingatkan manusia untuk berserah diri kepada Allah.
  7. Ayat ini juga mengajarkan untuk hidup seimbang, tidak kehilangan optimisme ketika ditimpa kesedihan dan tidak larut dalam kegembiraan yang menjadikannya lupa daratan.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Baqarah Ayat 216. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Baqarah Ayat 216. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]

Previous articleMensyukuri Nikmat Mata yang Kelak Diminta Pertanggungjawabannya
Next articleSurat Yusuf Ayat 4 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan