Home Tazkiyah Fadhilah 5 Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

5 Keutamaan Shalat Sunnah Rawatib

shalat sunnah rawatib
ilustrasi (iStock)

Shalat sunnah rawatib adalah shalat sunnah yang mengiringi shalat fardhu lima waktu, baik sebelum shalat fardhu (qabliyah) maupun sesudahnya (ba’diyah). Shalat ini memiliki fadhilah (keutamaan) yang luar biasa. Berikut ini lima keutamaan shalat sunnah rawatib.

1. Menyempurnakan shalat fardhu

Keutamaan shalat sunnah rawatib yang pertama adalah menutupi kekurangan pada shalat fardhu. Ketika shalat fardhu kurang khusyu’ atau memiliki kekurangan, shalat sunnah rawatib bisa menjadi penyempurnanya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Sesungguhnya amalan manusia yang pertama kali dihisab di hari kiamat nanti adalah shalat. Allah ‘Azza wa Jalla berkata kepada malaikat-Nya dan Dia-lah yang lebih tahu, “Lihatlah pada shalat hamba-Ku. Apakah shalatnya sempurna ataukah tidak?” Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun jika dalam shalatnya ada sedikit kekurangan, maka Allah berfirman: “Lihatlah, apakah hamba-Ku memiliki amalan sunnah.” Jika ia memiliki amalan sunnah, Allah berfirman: “Sempurnakanlah kekurangan yang  ada pada amalan wajib dengan amalan sunnahnya.” Kemudian amalan lainnya akan diperlakukan seperti ini. (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad; shahih)

2. Mengangkat derajat

Orang yang banyak bersujud (mendirikan shalat), Allah akan mengangkat derajatnya. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau sujud kepada Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu. (HR. Muslim)

3. Menghapus dosa

Semua shalat sunnah, termasuk shalat sunnah rawatib, memiliki keutamaan menghapus dosa dan mengangkat derajat. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di atas.

Baca juga: Jawaban Shalat Istikharah Jodoh

4. Allah membangunkan istana di surga

Di antara shalat sunnah rawatib, 12 rakaat di antaranya adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Yakni 2 rakaat sebelum Subuh, 4 rakaat sebelum Zhuhur dan 2 rakaat sesudah Zhuhur, 2 rakaat sesudah Maghrib, serta 2 rakaat sesudah Isya’.

Keutamaan 12 rakaat shalat sunnah rawatib ini luar biasa. Yakni Allah membangunkan istana di surga bagi muslim yang mengamalkannya.

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يُصَلِّى لِلَّهِ كُلَّ يَوْمٍ ثِنْتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً تَطَوُّعًا غَيْرَ فَرِيضَةٍ إِلاَّ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

Tidaklah seorang muslim mengerjakan shalat sunnah 12 rakaat setiap hari, melainkan Allah membangunkan baginya sebuah istana di surga. (HR. Muslim)

5. Memasukkan ke surga

Ketika Allah sudah membangunkan istana di surga, artinya Allah juga akan memasukkan hamba-Nya itu ke dalam surga. Penegasan makna ini kita dapati dalam hadits riwayat An Nasa’i.

مَنْ ثَابَرَ عَلَى اثْنَتَيْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِي الْيَوْمِ وَاللَّيْلَةِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Barangsiapa menjaga 12 rakaat sehari semalam, niscaya dia masuk surga… (HR. An-Nasa’i; shahih lighairihi)

Baca juga: Niat Sholat Tahajud

Demikian lima keutamaan shalat sunnah rawatib. Semoga bermanfaat dan semakin memotivasi untuk mengamalkannya. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]

Previous articleMengejutkan, Buya Hamka Baca Doa Iftitah Ini Saat Shalat
Next articleSurat Al Maidah Ayat 3 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan