Home Al-Qur'an Ayat Kursi Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

Ayat Kursi Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

ayat kursi terjemah per kata

Ayat kursi, yakni Surat Al Baqarah ayat 255, adalah ayat paling agung dalam Al-Qur’an. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan ayat kursi.

Ayat Kursi dan Artinya

اَللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapa yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al Baqarah: 255)

Baca juga: Al Maidah Ayat 48 Arti Perkata

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Ayat Kursi (Surat Al Baqarah ayat 255):

Allahاَللَّهُ
tidak adaلَا
tuhan, sesembahanإِلَهَ
kecualiإِلَّا
Diaهُوَ
Mahahidupالْحَيُّ
Mahamandiriالْقَيُّومُ
tidakلَا
menimpa-Nyaتَأْخُذُهُ
Kantukسِنَةٌ
dan tidakوَلَا
tidurنَوْمٌ
kepunyaan-Nyaلَهُ
apa yangمَا
diفِي
langitالسَّمَاوَاتِ
dan apa yangوَمَا
diفِي
bumiالْأَرْضِ
siapaمَنْ
Yangذَا الَّذِي
memberi syafaatيَشْفَعُ
di sisi-Nyaعِنْدَهُ
kecualiإِلَّا
dengan izin-Nyaبِإِذْنِهِ
Dia Mengetahuiيَعْلَمُ
apa yangمَا
di antaraبَيْنَ
depan merekaأَيْدِيهِمْ
dan apa yangوَمَا
belakang merekaخَلْفَهُمْ
dan tidakوَلَا
mereka mengetahuiيُحِيطُونَ
dengan sesuatuبِشَيْءٍ
dariمِنْ
ilmuعِلْمِهِ
kecualiإِلَّا
dengan apa yangبِمَا
Dia kehendakiشَاءَ
luas, meliputiوَسِعَ
kursi-Nyaكُرْسِيُّهُ
langitالسَّمَاوَاتِ
dan bumiوَالْأَرْضَ
dan tidakوَلَا
Dia merasa beratيَئُودُهُ
menjaga keduanyaحِفْظُهُمَا
dan Diaوَهُوَ
Mahatinggiالْعَلِيُّ
Mahaagungالْعَظِيمُ

Baca juga: Arti Perkata Surat Ali Imran Ayat 190-191

Isi Kandungan Ayat Kursi

Berikut ini isi kandungan surat Ayat Kursi yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Ayat Kursi.

  1. Ayat kursi ini menunjukkan keagungan dan kesempurnaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.
  2. Ayat ini berisi penjelasan kalimat tauhid yang darinya terumus pendirian dan pegangan seorang muslim sehingga berani menghadapi segala tantangan hidup. Pemahaman tauhid yang benar inilah yang melahirkan keberanian dan ketenangan, sehingga ia tidak takut kepada siapapun termasuk jin dan setan, karena semuanya adalah makhluk Allah.
  3. Allah Maha Esa dan memiliki sifat-sifat yang sempurna. Dia hidup kekal abadi tak akan pernah mati, Dia terus menerus mengurus makhluk-Nya tanpa lelah dan lalai, tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur.
  4. Seluruh yang ada di langit dan di bumi adalah milik Allah. Maka tak patut kita merasa memiliki dan menguasai, apalagi menyombongkan diri.
  5. Allah memiliki kekuasaan penuh atas segala milik-Nya, termasuk memberikan pertolongan kepada milik-Nya itu. Tidak ada yang dapat memberi syafa’at atau pertolongan tanpa izinAllah.
  6. Allah Maha Mengetahui segala baik yang di hadapan manusia dan di belakang mereka. Baik dalam arti harfiah atau tentang masa depan dan masa lalu yang telah terjadi.
  7. Manusia tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.
  8. Kursi Allah meliputi langit dan bumi dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya. Ini menunjukkan kekuasaan Allah adalah kekuasaan yag sempurna.
  9. Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. Dengan ketinggian dan kebesaran yang sempurna, tiada yang bisa menandingi dan menyamai-Nya.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Ayat Kursi. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Ayat Kursi. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]