Surat At Taubah Ayat 105 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
surat at taubah ayat 105 terjemah per kata

Surat At Taubah ayat 105 adalah ayat tentang motivasi amal dan etos kerja. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan ayat tersebut.

Surat At Taubah Ayat 105 dan Artinya

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Read More

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. (QS. At Taubah: 105)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat At Taubah ayat 105:

danوَ
katakanlahقُلِ
bekerjalah kalianاعْمَلُوا
maka akan melihatفَسَيَرَى
Allahاللَّهُ
pekerjaan kalianعَمَلَكُمْ
danوَ
rasul-Nyaرَسُولُهُ
danوَ
orang-orang berimanالْمُؤْمِنُونَ
danوَ
kalian akan dikembalikanسَتُرَدُّونَ
kepadaإِلَىٰ
Yang mengetahuiعَالِمِ
yang ghaibالْغَيْبِ
danوَ
yang nyataالشَّهَادَةِ
maka Dia memberitakan kepada kalianفَيُنَبِّئُكُمْ
terhadap apa yangبِمَا
adalah kalianكُنْتُمْ
kalian kerjakanتَعْمَلُونَ

Baca juga: Surat Yunus Ayat 40-41 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat At Taubah Ayat 105

Berikut ini isi kandungan surat At Taubah Ayat 105 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat At Taubah Ayat 105.

1. Surat At Taubah ayat 105 ini memerintahkan orang-orang beriman untuk beramal dan bekerja. Sebaliknya, orang beriman dilarang bersikap malas dan membuang-buang waktu.

2. Allah melihat dan menilai setiap amal hamba-Nya. Karenanya setiap amal harus dilakukan dengan ikhlas, bukan karena riya’ dan mengharap pujian manusia. Inilah etos kerja muslim.

3. Ayat ini memotivasi orang-orang beriman untuk bersungguh-sungguh dalam proses amal dan pekerjaannya karena proses itulah yang dilihat dan dinilai-Nya. Allah tidak menilai hasil dari usaha tersebut.

4. Allah Maha Mengetahui seluruh perbuatan manusia baik yang tersembunyi maupun yang yang terang-terangan. Allah Maha Mengetahui niat dan kualitas amal hamba-Nya.

5. Setiap manusia akan kembali kepada Allah dan mempertanggungjawabkan setiap amalnya.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat At Taubah Ayat 105. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat At Taubah Ayat 105. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]