Home Al-Qur'an Surat An Nisa’ Ayat 8 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

Surat An Nisa’ Ayat 8 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

surat an nisa ayat 8 terjemah per kata

Surat An Nisa’ ayat 8 adalah ayat tentang sedekah saat pembagian warisan dan bertutur kata yang baik. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan ayat tersebut.

Surat An Nisa’ Ayat 8 dan Artinya

وَإِذَا حَضَرَ الْقِسْمَةَ أُولُو الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينُ فَارْزُقُوهُمْ مِنْهُ وَقُولُوا لَهُمْ قَوْلًا مَعْرُوفًا

Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim dan orang miskin, maka berilah mereka dari harta itu (sekadarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik. (QS. An Nisa’: 8)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat An Nisa’ ayat 8:

dan apabilaوَإِذَا
hadirحَضَرَ
pembagian ituالْقِسْمَةَ
yang adaأُولُو
hubungan kerabatالْقُرْبَى
dan anak-anak yatimوَالْيَتَامَى
dan orang-orang miskinوَالْمَسَاكِينُ
maka berilah mereka rezekiفَارْزُقُوهُمْ
darinyaمِنْهُ
dan ucapkanlahوَقُولُوا
kepada merekaلَهُمْ
perkataanقَوْلًا
yang baik, patutمَعْرُوفًا

Baca juga: Surat Al Isra’ Ayat 26-27 Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat An Nisa’ Ayat 8

Berikut ini isi kandungan surat An Nisa’ Ayat 8 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, dan Tafsir Al Azhar. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat An Nisa’ Ayat 8.

  1. Islam mengajarkan kasih sayang, menyambung silaturahmi, dan menolong sesama.
  2. Ayat ini memerintahkan untuk memberikan bagian/sedekah kepada kerabat yang bukan ahli waris, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin yang hadir saat pembagian warisan. Terutama jika warisan itu sangat banyak.
  3. Besarnya pemberian tersebut adalah sekadarnya, tidak seperti warisan yang jumlahnya sangat banyak berdasarkan ketentuan waris.
  4. Ayat ini memerintahkan untuk bertutur kata yang baik kepada siapa saja, terutama kepada kerabat. Juga berkata yang baik kepada anak-anak yatim dan orang-orang miskin, tidak menyakiti mereka.

Baca juga: Tafsir Singkat Surat Al Falaq

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Nisa’ Ayat 8. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat An Nisa’ Ayat 8. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]

Previous articleSurat Al Isra’ Ayat 26-27 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan