Surat Al Maun Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
surat al maun terjemah

Surat Al Maun (الماعون) merupakan surat ke-107 dalam Al Quran, terdiri dari 7 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Maun.

Surat Al Maun dan Artinya

أَرَأَيْتَ الَّذِي يُكَذِّبُ بِالدِّينِ . فَذَلِكَ الَّذِي يَدُعُّ الْيَتِيمَ . وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ . فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ , الَّذِينَ هُمْ عَنْ صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ . الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ . وَيَمْنَعُونَ الْمَاعُونَ

Read More

(Aro,aital ladzii yukadzdzibu bid diin. Fadzaalikal ladzii yadu’ul yatiim. Walaa yahudldlu ‘alaa tho’aamil miskiin. Fawailul lil musholliinal ladziina hum ‘an sholaatihim saahuun. Alladziinahum yuroo,uun. Wayamna’uunal maa’uun)

Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna. (QS. Al Maun: 1-7)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Maun mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 7.

Surat Al Maun Ayat 1

tahukah kamuأَرَأَيْتَ
orang yangالَّذِي
dia mendustakanيُكَذِّبُ
tentang agama, hari pembalasanبِالدِّينِ

Surat Al Maun Ayat 2

maka itulahفَذَلِكَ
orang yangالَّذِي
dia menghardikيَدُعُّ
anak yatimالْيَتِيمَ

Surat Al Maun Ayat 3

danوَ
tidakلَا
menganjurkanيَحُضُّ
atas, untukعَلَى
memberi makanطَعَامِ
orang miskinالْمِسْكِينِ

Surat Al Maun Ayat 4

maka celakalahفَوَيْلٌ
bagi orang-orang yang shalatلِلْمُصَلِّينَ

Surat Al Maun Ayat 5

orang-orang yangالَّذِينَ
merekaهُمْ
dariعَنْ
shalat merekaصَلَاتِهِمْ
lalaiسَاهُونَ

Surat Al Maun Ayat 6

orang-orang yangالَّذِينَ
Merekaهُمْ
berbuat riya’يُرَاءُونَ

Surat Al Maun Ayat 7

danوَ
mereka enggan memberiيَمْنَعُونَ
pertolongan, bantuanالْمَاعُونَ

Baca juga: Surat Al Kautsar Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Maun

Berikut ini isi kandungan surat Al Maun yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Maun.

1. Surat Al Maun menunjukkan kepada Rasulullah, siapa orang-orang yang mendustakan agama dan hari pembalasan.

2. Allah mencela dan memastikan kecelakaan bagi orang-orang yang mendustakan agama.

3. Orang yang mendustakan agama memiliki beberapa sifat yaitu suka menghardik anak yatim dan tidak mau memberikan makanan kepada orang-orang miskin. Mereka juga lalai dari shalatnya, riya’ serta tidak mau menolong sesama.

4. Allah mencela dan memastikan kecelakaan bagi orang-orang yang lalai dari shalatnya. Yaitu orang yang lalai dari tujuan dan nilai-nilai shalat, mengerjakan shalat untuk dipuji orang dan tidak mau membantu orang lain.

5. Shalat yang diterima Allah dan menyelamatkan seseorang dari kecelakaan adalah shalat yang ikhlas serta berdampak pada kehidupannya, menjadi lebih bertaqwa kepada Allah dan lebih menyayangi sesama manusia.

6. Allah menyukai orang-orang yang menyantuni anak yatim dan membantu fakir miskin serta menolong sesama dengan apa yang mereka bisa.

7. Islam mengajarkan hubungan baik kepada Allah melalui ibadah yang ikhlas dan mengajarkan hubungan baik kepada sesama manusia dengan membantu orang lain dan menolong yang lemah. Termasuk di dalamnya menyantuni anak-anak yatim dan memberi makanan orang-orang miskin.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Maun. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Maun. [Muchlisin BK/Tarbiyah]