Surat Al Lahab Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat Al Lahab terjemah per kata

Surat Al Lahab merupakan surat ke-111 dalam Al Quran, terdiri dari 5 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Lahab.

Surat Al Lahab dan Artinya

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ . مَا أَغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ . سَيَصْلَى نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ . وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ . فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

Read More

(Tabbat yadaa abii lahabiw watabb. Maa aghnaa ‘anhu maaluhuu wamaa kasab. Sayashlaa naaron dzaata lahab. Wamroatuhuu hammaalatal hathob. Fii jiidihaa hablum mim masad)

Binasalah kedua tangan Abu lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta benda dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang dilehernya ada tali dari sabut. (QS. Al Lahab: 1-5)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Lahab mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 5.

Surat Al Lahab Ayat 1

binasalahتَبَّتْ
kedua tanganيَدَا
Abu Lahabأَبِي لَهَبٍ
danوَ
binasaتَبَّ

Surat Al Lahab Ayat 2

tidakمَا
bergunaأَغْنَى
darinyaعَنْهُ
hartanyaمَالُهُ
dan apa yangوَمَا
ia usahakanكَسَبَ

Surat Al Lahab Ayat 3

kelak ia akan masukسَيَصْلَى
Apiنَارًا
mempunyaiذَاتَ
bergejolakلَهَبٍ

Surat Al Lahab Ayat 4

danوَ
istrinyaامْرَأَتُهُ
pembawaحَمَّالَةَ
kayu bakarالْحَطَبِ

Surat Al Lahab Ayat 5

padaفِي
lehernyaجِيدِهَا
taliحَبْلٌ
dariمِنْ
sabutمَسَدٍ

Baca juga: Surat Al Ikhlas Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Lahab

Berikut ini isi kandungan surat Al Lahab yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Lahab.

1. Surat Al Lahab berisi kutukan untuk Abu Lahab dan istrinya yang sangat sengit menyakiti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

2. Surat ini mengandung berita gaib bahwa Abu Lahab akan merugi, binasa dan celaka. Dan itu benar-benar terjadi. Ia mati mengenaskan dengan sakit yang membuat jijik teman-temannya hingga tak ada yang mau memakamkannya.

3. Surat ini juga mengandung berita gaib bahwa harta dan anak-anak Abu Lahab tidak akan bisa menolongnya. Dan demikianlah, apa yang dibanggakan Abu lahab itu tak sedikitpun berguna baginya di akhirat nanti. Bahkan di dunia saja tak bisa menyelamatkannya dari kehinaan dan kematian yang mengenaskan.

4. Surat Al Lahab memberitakan bahwa dia dan istrinya akan masuk neraka. Ini pun benar-benar terjadi karena keduanya mati dalam kondisi tetap kafir.

5. Surat Al Lahab menghinakan istri Abu Lahab yang suka menghina Rasulullah. Leher yang seharusnya dikalungi dengan perhiasan indah, justru akan dikalungi tali dari sabut atau tali dari besi neraka.

6. Surat Al Lahab merupakan salah satu mukjizat dan bukti kenabian Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Sampai akhir hayatnya, Abu Lahab tidak masuk Islam baik secara dhahir maupun batin. Maka ia benar-benar menjadi orang yang binasa dan celaka seperti ditegaskan surat ini.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Lahab. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Lahab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]