Beranda Quran 002 Al-Baqarah Surat Al-Baqarah Ayat 7

Surat Al-Baqarah Ayat 7

0
al baqarah ayat 7

Surat Al-Baqarah Ayat 7 dan Artinya

خَتَمَ اللَّهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.

< Al Baqarah ayat 6Al Baqarah ayat 8 >

Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 7

Tafsir Al-Muyassar

Allah telah menutup kebenaran dari hati mereka, sehingga keimanan tidak akan bisa masuk ke dalamnya dan kekufuran yang bercokol di dalamnya pun tidak akan bisa keluar darinya.

Dan Allah juga telah mengunci pendengaran mereka dan menutup penglihatan mereka. Maka jendela-jendela ilmu pun tertutup untuk mereka, sehingga mereka tidak bisa memahami kebenaran, tidak bisa mendengar hidayah, dan tidak bisa memperhatikan petunjuk. Dan di akhirat, Allah telah menyiapkan bagi mereka siksaan yang tidak terperikan di dalam Neraka Jahanam, sebagai balasan atas amal-amal perbuatan mereka.

Tafsir Jalalain

“Allah mengunci mati hati mereka” maksudnya menutup rapat hati mereka sehingga tidak dapat dimasuki oleh kebaikan. “Begitu pun pendengaran mereka” maksudnya alat-alat atau sumber-sumber pendengaran mereka dikunci sehingga mereka tidak memperoleh manfaat dari kebenaran yang mereka terima.

“Sedangkan penglihatan mereka ditutup” dengan penutup yang menutupinya sehingga mereka tidak dapat melihat kebenaran. “Dan bagi mereka siksa yang besar” yang berat lagi tetap.

Tafsir Al-Wajiz

Allah telah mengunci hati mereka dengan kekafiran mereka keimanan tidak berlaku bagi hati mereka. Mereka tidak mau mendengarkan kebenaran, melihat petunjuk, dan berpikir. Dan bagi mereka azab yang amat sangat pedih.

Asbabun Nuzul dua ayat ini sebagaimana Ath-Thabari mengatakan dari Ibnu Abbas dan Al-Kalbi bahwa kedua ayat tersebut turun di Romawi Yahudi, di antara mereka yang menyaksikan turunnya dua ayat ini adalah Hayy bin Akhthab dan Ka’b bin Asyraf.

Tafsir As-Sa’di

“Allah telah mengunci hati dan pendengaran mereka, ” yakni menutupnya dengan penutup yang tidak dapat dimasuki oleh keimanan dan tidak bisa ditembus, sehingga mereka tidak memahami apa yang berguna bagi mereka dan apa-apa yang mereka dengarkan tidak bermanfaat untuk mereka. “Dan penglihatan mereka ditutup,” yakni pelapis, penutup, dan penghalang yang menghalangi mereka dari melihat yang berguna bagi mereka, dan jalan-jalan ilmu dan kebaikan telah ditutup bagi mereka. Tidak ada keinginan pada mereka dan tidak ada kebaikan yang diharapkan pada mereka. Mereka telah dihalangi dan ditutup dari pintu-pintu keimanan, disebabkan oleh kekufuran dan pengingkaran mereka serta keras kepala mereka setelah jelas bagi mereka kebenaran itu. Sebagaimana firman Allah:

“Dan (begitu pula) Kami memalingkan hati dan penglihatan mereka seperti mereka belum pernah beriman kepadanya (AlQur’an) pada permulaannya, dan Kami biarkan mereka bergelimang dalam kesesatannya yang sangat.” (QS. Al-‘An’am : 110)

Dan ini hanyalah hukuman yang sekarang, kemudian Allah menyebutkan hukuman yang akan datang seraya berfirman, “dan bagi mereka siksa yang amat pedih” yakni azab api neraka, kemurkaan yang Maha Perkasa yang terus menerus dan selamanya.

< SebelumnyaSuratBerikutnya >
Al Baqarah ayat 6Al BaqarahAl Baqarah ayat 8
Konten sebelumnyaSurat Al-Baqarah Ayat 6
Konten berikutnyaSurat Al-Baqarah Ayat 8