11 Adab Membaca Al Quran Agar Tilawah Lebih Berkah

  • Whatsapp
adab membaca al quran

Salah satu bentuk interaksi terhadap Al Quran adalah membacanya. Tilawah. Selain kurangnya intensitas, kadang kita juga abai terhadap adab membaca Al Quran.

Al Quran merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam untuk menjadi petunjuk bagi umatnya. Kitab suci yang juga menjadi mukjizat Nabi ini sekaligus merupakan sumber hukum Islam yang pertama. Karenanya sangat tepat jika harakah Islam menjadikan Al-Qur’an Dusturuna (القران دسترنا) sebagai slogan yang diimplementasikan dalam kehidupan berjamaah dan berharakah.

Salah satu bentuk interaksi yang wajib dilakukan oleh umat Islam terhadap Al Quran adalah membacanya (tilawah). Bahkan dalam sebuah hadits diungkapkan bagaimana kebiasaan yang dianjurkan Rasulullah dalam membaca Al-Qur’an; yakni khatam Al-Qur’an tidak lebih dari satu bulan dan tidak kurang dari tiga hari.

Berikut ini 11 adab membaca Al Quran yang jika diamalkan insya Allah tilawah menjadi lebih khusyu’ dan barokah:

1. Suci Badan

Di antara adab tilawah adalah suci badan (طهارة البدن). Al Quran merupakan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala; wahyu yang dimuliakan. Maka kurang pantas jika kita tilawah Al Quran sementara badan kita dalam kondisi kotor, apalagi terkena najis.

2. Wudhu

Adab membaca Al Quran yang kedua adalah wudhu (الوضوء). Hendaknya kita mengambil air wudhu terlebih dahulu sebelum tilawah Al-Qur’an, karena pada saat kita tilawah kita menyentuh mushaf Al-Qur’an Al-Karim. Hendaknya kita sadari bahwa Al-Qur’an ini tidak sama dengan buku-buku, majalah atau koran yang seenaknya kita perlakukan.

Di antara dalil yang sering dipakai dalam adab ini adalah firman Allah SWT:

لا يَمَسُّهُ إِلا الْمُطَهَّرُونَ

Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan (QS. Al Waqiah : 77)

Tetapi membawa ayat itu dalam konteks wudhu sebelum tilawah adalah pengambilan dalil yang kurang tepat, sebab yang dimaksud dengan orang-orang yang disucikan (المطهرون) dalam ayat di atas adalah para malaikat. Bukan manusia yang memiliki wudhu. Sebagaimana Al Quran yang dimaksud dalam ayat itu adalah Al Quran yang ada di lauh mahfudz. Bukan mushaf Al Quran yang kita pegang saat tilawah.

Dalil yang tepat dalam adab ini adalah hadits yang dibawakan Dr. Yusuf Qardhawi dalam buku Berinteraksi dengan Al-Qur’an:

لايمس القرآن إلا طاهر

Al Quran tidak boleh disentuh kecuali oleh orang-orang yang sudah suci. (HR. An-Nasai, Daruquthni, Baihaqi)

3. Bersih Tempat

Termasuk bagian dari adab tilawah adalah tempat yang bersih/tepat  (نظافة المكان). Tidak boleh bagi kita membaca Al Quran di tempat-tempat yang tidak pantas, seperti tempat pembuangan sampah. Dan larangan yang lebih besar membawa mushaf atau membaca Al Quran di WC.

4. Khusyu’

Adab membaca Al Quran berikutnya adalah khusyu’ (الخشوع). Yakni menghadirkan hati saat membaca ayat-ayat Allah.

Jika kita membaca surat dari orang yang kita cintai saja demikian penuh perhatian dan tidak melewatkan satu kata pun, meresapi maknanya, dan jiwa terbawa karenanya, maka Al Quran seharusnya lebih dari itu bagi jiwa kita saat membacanya. Demikian pula, jika kita membaca surat dari pemimpin atau atasan kita kita begitu perhatian dan konsentrasi sehingga paham betul apa isi surat itu, tilawah Al Quran seharusnya lebih berkualitas dari itu.

Bukankah ini adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala, Dzat yang telah menciptakan kita? Bukankah ini adalah petunjuk hidup kita? Menghadirkan hati dan merasa bahwa ayat-ayat itu ditujukan secara khusus buat kita adalah jalan mencapai khusyu’.

سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ أَحْسَنُ النَّاسِ صَوْتًا بِالْقُرْآنِ ؟ قَالَ : مَنْ إِذَا سَمِعْتَ قِرَاءَتَهُ رَأَيْتَ أَنَّهُ يَخْشَى اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya: “Siapa yang paling bagus suaranya dengan Al-Qur’an?” Beliau bersabda: “Orang yang apabila kalian mendengar ia membaca Al-Qur’an, kalian lihat ia takut kepada Allah Azza Wa Jalla” (HR. Thabrani, hadits semakna diriwayatkan pula oleh Abu Dawud dan Ibnu Abi Syaibah)

Di antara indikasi khusyu’ adalah menangis saat membaca Al-Qur’an, terlebih ketika menjumpai ayat-ayat adzab. Karenanya kita tidak saja dianjurkan menangis, bahkan bagi yang tidak mampu menangis supaya berusaha menangis; tangis-tangiskanlah.

اتْلُوُا الْقُرْآنَ وَابْكُوْا، فَإِنْ لَمْ تَبْكُوا فَتَبَاكَوْا

Bacalah Al-Qur’an dan menangislah, jika kalian tidak dapat menangis, maka tangis-tangiskanlah (berusahalah untu menangis) (HR. Abu Iwanah, Hadits semakna diriwayatkan oleh Hakim dan Ibnu Majah)

Para sahabat mencontohkan bagaimana mereka sangat khusyu’ saat membaca Al Quran. Abbad bin Bisyr tidak mau memutuskan bacaan Al Quran saat sholat meskipun terkena anak panah.

5. Tenang dan Tenteram

Di antara adab membaca Al Quran adalah tenang dan tenteram (السكينة والوقار). Sebaliknya, tidak dibenarkan membaca Al-Qur’an dengan tergesa-gesa, gugup, atau merasa dikejar setoran. Bukankah membaca Al-Qur’an merupakan dzikir dan dengan dzikir hati kita akan tenang?

الَّذِينَ آَمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. Ar Ra’du : 28)

Lebih jauh lagi Allah Subhanahu wa Ta’ala menghubungkan antara khusyu’ dalam adab tilawah sebelumnya dengan ketenangan dan keterteraman dalam adab tilawah kali ini dalam firman-Nya:

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَابًا مُتَشَابِهًا مَثَانِيَ تَقْشَعِرُّ مِنْهُ جُلُودُ الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ ثُمَّ تَلِينُ جُلُودُهُمْ وَقُلُوبُهُمْ إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ ذَلِكَ هُدَى اللَّهِ يَهْدِي بِهِ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُضْلِلِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ هَادٍ

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun. (QS. Az-Zumar : 23)

6. Bersiwak Sebelum Mulai

Hendaknya kita bersiwak terlebih dahulu sebelum membaca Al Quran (الإستاك قبل البدء). Dengan begitu, bau mulut kita menjadi harum saat melantunkan ayat-ayat Ilahi. Sebaliknya, tidak sepantasnya kita tilawah sementara mulut kita bau tidak sedap, apalagi bau jengkol yang tidak disukai oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

7. Memulai dengan Ta’awudz

Di antara adab tilawah adalah membaca ta’awudz di awal tilawah (التعوذ في البداية). Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Apabila kamu membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. (QS. An-Nahl : 98)

8. Basmalah di Setiap Awal Surat

Di setiap awal surat, hendaknya membaca basmalah (البسملة في مطلع كل سورة). Pada semua mushaf sudah tercantum basmalah di awal setiap surat untuk memudahkan melaksanakan adab tilawah ini. Hanya ada satu surat yang dikecualikan yakni Surat At Taubah atau Surat Bara’ah. Tidak boleh mendahului dengan basmalah, tetapi cukup dengan ta’awudz.

Baca juga: Mengapa Surat At Taubah Tanpa Bismillah

9. Membacanya dengan Tartil

Di antara adab yang sangat penting dalam tilawah adalah tartil (الترتيل). Yaitu membaca Al Quran secara perlahan dan sesuai dengan kaidah tajwid.

وَرَتِّلِ الْقُرْآَنَ تَرْتِيلًا

Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan (QS. Al-Muzammil : 4)

Umumnya, sikap orang yang membaca Al Quran terhadap adab ini ada empat. Pertama, mampu tapi tidak mau. Yaitu mereka yang sebenarnya bisa membaca tartil, juga menguasai tajwid, tapi tidak menggunakannya. Entah karena alasan buru-buru mengejar “setoran buku putih” atau karena salah paham dalam memahami pahala membaca Al Quran ditentukan oleh kuantitas bacaan, atau karena “ditarget” oleh lingkungan seperti orang-orang khataman Qur’an.

Kedua, mau tapi tidak mampu. Mereka sudah berusaha belajar tajwid dengan sungguh-sungguh. Mereka bahkan ikut dalam program tahsin, diantaranya. Tetapi masih saja belum mampu untuk tilawah dengan tartil sesuai tajwid. Jika golongan ini memang sudah berusaha belajar dan tetap semangat tilawah Al Qur’an, maka Rasulullah memiliki kabar gembira buat mereka :

مَثَلُ الَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهْوَ حَافِظٌ لَهُ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ ، وَمَثَلُ الَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَهْوَ يَتَعَاهَدُهُ وَهْوَ عَلَيْهِ شَدِيدٌ ، فَلَهُ أَجْرَانِ

Orang yang membaca Al Quran dan mahir, maka akan bersama para malaikat, pesuruh Allah yang mulia. Sedangkan orang yang membaca Al Qur’an dengan terbata-bata dan merasa berat, maka ia akan dapat dua pahala. (HR. Bukhari)

Ketiga, tidak mampu dan tidak mau. Yaitu mereka yang tidak mampu membaca dengan tartil, tidak mau untuk berusaha belajar, sekaligus tidak memiliki kemauan untuk membaca Al Quran dengan tartil.

Keempat, mau dan mampu. Maka, beruntunglah golongan yang keempat ini. Merekalah yang mendapat kabar gembira pertama dalam hadits riwayat Imam Bukhari di atas. Dan seyogyanya, semua kader tarbiyah berupaya menjadi golongan keempat ini.

Masuk juga dalam adab ini adalah melagukan Al Quran. Jadi tartilnya bukan sekedar membaca sesuai kaidah tajwid, tetapi juga dilagukan dengan indah. Kalau kita mendengar tilawahnya Syaikh Sudais, Syaikh Shuraim, Al-Mathrud, Al-Mishary, dan ulama-ulama lain hati kita mudah tersentuh karena mereka membaca Al-Qur’an tidak hanya tartil tetapi juga memiliki lagu-lagu khas yang menyentuh hati.

لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ

Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak melagukan Al-Qur’an (HR. Bukhari, Abu Dawud, Ad-Darimi, Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim, Baihaqi, Thabrani)

زينوا القرآن بأصواتكم

Perindahlah Al-Qur’an dengan suara kalian (HR. Bukhari, Abu Dawud, An-Nasai, Ibnu Majah, Ad-Darimi, Ahmad, Ibnu Hibban, Hakim)

10. Sujud bila bertemu Ayat Sajdah

Termasuk adab membaca Al Quran adalah bersujud ketika membaca ayat-ayat sajdah (السجود عند آيات السجود). Ayat-ayat sajdah ini ada pada lima belas tempat di dalam Al-Qur’an, yaitu:

  • QS. Al-A’raf: 206
  • QS. Ar-Ra’du: 105
  • QS. An-nahl: 50
  • QS. Al-Isra’: 109
  • QS. Maryam: 58
  • QS. Al-Hajj: 18
  • QS. Al-Hajj: 77
  • QS. Al-Furqan: 60
  • QS. An-Naml: 28
  • QS. As-Sajdah: 15
  • QS. Shad: 24
  • QS. Fushilat: 38
  • QS. An-najm: 62
  • QS. Al-Insyiqaq: 21
  • QS. Al-Alaq: 19

Ketika kita bersujud tilawah, syaitan menangis dan menyadari tempat kembalinya di neraka, sekaligus iri karena orang yang bersujud tilawah ini berhak mendapatkan surga.

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِى يَقُولُ يَا وَيْلَهُ – وَفِى رِوَايَةِ أَبِى كُرَيْبٍ يَا وَيْلِى – أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِىَ النَّارُ

Ketika Anak Adam membaca ayat-ayat sajdah lalu bersujud, syaitan menangis sambil mengatakan: “Celakalah aku, anak Adam diperintah bersujud maka mereka bersujud dan memperoleh surga, sementara aku diperintah bersujud, lalu aku mendurhakai, maka aku mendapatkan neraka”. (HR. Muslim)

Baca juga: Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban

11. Tadabbur

Termasuk adab tilawah juga adalah tadabbur (التدبر). Yakni memikirkan ayat yang dibaca, berusaha secara sistematis untuk memahami Al Qur’an, sehingga dapat melakukan petunjuk Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menangis di waktu Shubuh. Ketika ditanya oleh sahabat, beliau menjawab bahwa semalam turun ayat :

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآَيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (QS. Ali Imran : 190)

Beliau mentadabburi ayat ini hingga menangis semalaman.

Di antara buah dari tadabur adalah bertambahnya keimanan orang yang membaca Al Quran. Sebagaimana firman Allah:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آَيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (QS. Al-Anfal : 2)

Demikian 11 adab membaca Al Quran. Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan hidayah dan taufiq dari Allah untuk mengamalkannya. Dan semoga kelak kita mendapat syafaat Al Quran. Wallaahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK ~ Tarbiyah]