Surat Al Ashr Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surat Al Ashr terjemah per kata

Surat Al Ashr (العصر) merupakan surat ke-103 dalam Al Quran, terdiri dari 3 ayat. Berikut ini terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Ashr.

Surat Al Ashr dan Artinya

وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Read More

(Wal ‘ashr. Innal insaana lafii khusr. Illal ladziina aamanuu wa’amilush shoolihaati watawaashou bilhaqqi watawaashou bish shobr)

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.  (QS. Al Ashr: 1-3)

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Ashr mulai dari ayat 1 sampai dengan ayat 3.

Surat Al Ashr Ayat 1

demiوَ
masaالْعَصْرِ

Surat Al Ashr Ayat 2

sesungguhnyaإِنَّ
manusiaالْإِنْسَانَ
benar-benar dalamلَفِي
kerugianخُسْرٍ

Surat Al Ashr Ayat 3

kecualiإِلَّا
orang-orang yangالَّذِينَ
mereka berimanآَمَنُوا
danوَ
mereka berbuatعَمِلُوا
kebajikan, amal shalihالصَّالِحَاتِ
danوَ
mereka saling berwasiatتَوَاصَوْا
dengan kebenaranبِالْحَقِّ
danوَ
mereka saling berwasiatتَوَاصَوْا
dengan kesabaranبِالصَّبْرِ

Baca juga: Surat Al Humazah Terjemah Per Kata

Isi Kandungan Surat Al Ashr

Berikut ini isi kandungan surat Al Ashr yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Ashr.

1. Surat Al Ashr menunjukkan urgensi dan kemuliaan waktu sehingga Allah bersumpah dengannya.

2. Semua manusia berada dalam kerugian, betapapun ia untung secara materi, kecuali orang yang beriman, beramal shalih, saling menasehati untuk mentaati kebenaran dan saling menasehati untuk menetapi kesabaran. Hanya orang yang memenuhi empat kriteria ini yang tidak akan rugi di akhirat.

4. Iman tidak bisa dipisahkan dengan amal shalih. Sebab iman tidak cukup hanya dengan pengakuan dan keyakinan, ia perlu bukti perbuatan dan amal anggota badan.

5. Surat Al Ashr juga menunjukkan pentingnya dakwah, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

6. Dakwah itu berat, banyak tantangan dan rintangan, sehingga perlu kesabaran.

7. Pentingnya beramal jama’i karena pada Surat Al Ashr ini, orang yang selamat dalam kerugian disebutkan dalam bentuk jamak dan saling menasehati.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Ashr. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Ashr. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]