Beranda Al-Qur'an Surat Al Alaq Ayat 1-5 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

Surat Al Alaq Ayat 1-5 Terjemah Per Kata dan Isi Kandungan

0
surat al alaq ayat 1-5 terjemah per kata

Surat Al Alaq ayat 1-5 adalah ayat yang menjelaskan tentang perintah membaca. Berikut ini terjemah per kata Surat Al Alaq Ayat 1-5 dan isi kandungannya.

Surat Al Alaq Ayat 1-5 dan Artinya

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ . خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ . اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ . الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ . عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ

(Iqro’ bismi robbikal ladzii kholaq. Kholaqol insaana min ‘alaq. Iqro’ warobbukal akrom. Alladzii ‘alama bil qolam. ‘allamal insaana maa lam ya’lam)

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya. (QS. Al Alaq: 1-5)

Baca juga: Ayat Kursi

Terjemah Per Kata

Berikut ini terjemah per kata Surat Al Alaq ayat 1-5:

Al Alaq Ayat 1 Per Kata

bacalahاقْرَأْ
dengan namaبِاسْمِ
Tuhanmuرَبِّكَ
Yangالَّذِي
telah menciptakanخَلَقَ

Al Alaq Ayat 2 Per Kata

Dia telah menciptakanخَلَقَ
manusiaالْإِنْسَانَ
dariمِنْ
segumpal darahعَلَقٍ

Al Alaq Ayat 3 Per Kata

bacalahاقْرَأْ
dan Tuhanmuوَرَبُّكَ
Maha Muliaالْأَكْرَمُ

Al Alaq Ayat 4 Per Kata

yangالَّذِي
mengajar (manusia)عَلَّمَ
dengan penaبِالْقَلَمِ

Al Alaq Ayat 5 Per Kata

Dia mengajarعَلَّمَ
manusiaالْإِنْسَانَ
apaمَا
tidakلَمْ
dia ketahuiيَعْلَمْ

Baca juga: Surat Ali Imran Ayat 190-191 Terjemah per Kata

Isi Kandungan Surat Al Alaq Ayat 1-5

Berikut ini isi kandungan surat Al Alaq Ayat 1-5 yang kami sarikan dari sejumlah tafsir. Yakni Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Al Munir, Fi Zilalil Quran, Tafsir Al Azhar, dan Tafsir Al Misbah. Isi kandungan ini juga telah dimuat di WebMuslimah dalam judul Isi Kandungan Surat Al Al Alaq Ayat 1-5.

1. Perintah untuk membaca, baik membaca teks maupun konteks. Membaca ayat-ayat qauliyah (Al-Qur’an) maupun ayat-ayat kauniyah (tanda-tanda kebesaran Allah di alam dan fenomena kemasyarakatan).

2. Menjadikan ridha Allah sebagai tujuan dan orientasi dalam membaca dan segala aktivitas lainnya.

3. Allah adalah Tuhan yang Maha Menciptakan. Dialah yang menciptakan alam semesta dan menciptakan manusia.

4. Allah yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah, mudah saja bagi-Nya untuk mengajarkan ilmu-Nya kepada manusia, termasuk dengan membaca dan menulis.

5. Melalui rangkaian ayat ini, Allah memperkenalkan sifat-sifat-Nya yang berbeda dengan keyakinan orang-orang musyrikin Mekah.

6. Allah memerintahkan untuk membaca dan menulis karena keduanya adalah sarana untuk mengetahui ilmu agama dan menyebarkannya kepada manusia. Membaca dan menulis juga merupakan asas kemajuan ilmu, pengetahuan, etika dan kebudayaan, serta kemajuan peradaban.

7. Melalui membaca tulisan yang tertulis dengan pena, Allah mengajarkan kepada manusia apa yang sebelumnya manusia tidak mengetahuinya.

8. Islam mengajarkan umatnya untuk suka membaca, suka menulis, dan mencintai ilmu.

Demikian terjemah per kata dan isi kandungan Surat Al Alaq Ayat 1-5. Tafsir lebih lengkap bisa dibaca di artikel Surat Al Alaq Ayat 1-5. Wallahu a’lam bish shawab. [Muchlisin BK/Tarbiyah]